JAWABAN DOKTER

Salam kenal juga Johnny.

Perihal ejakulasi dini kerap kali diperbincangkan pria kaula muda, baik mereka yang pengantin baru maupun yang pernah melakukan premarital intercourse. Patokan durasi waktu yang dikatakan dengan ejakulasi dini masih kontroversi dari banyak kalangan seksolog di berbagai belahan bumi. Istilah ejakulasi dini diartikan sebagai singkatnya durasi antara awal penetrasi dan capaian ejakulasi saat hubungan seksual yang menimbulkan ketidakpuasan seksual baik pria maupun wanitanya. Menurut Master dan Johnson, psikiater seksologi, ejakulasi dini sangat tergantung dari kepuasan pasangan mainnya, yakni tidak dapat memuaskan pasangannya sampai mencapai orgasme dengan frekuensi lebih dari 50% dari aktivitas hubungan intim mereka.

Defenisi lain oleh Fisher, psikiater seksologi, dikatakan ejakulasi dini apabila durasi yang dihitung mulai saat penetrasi sampai capaian ejakulasi berkisar dibawah 2 menit, ini dikarenakan terdapat 27 % wanita yang dapat mencapai orgasme diatas 1 menit. Namun, sebagian besar wanita (66%) membutuhkan waktu diatas 12 menit untuk mencapai orgasme, sehingga diambil reratanya bahwa wanita mencapai orgasme butuh waktu diatas 7 menit. Studi lain mengatakan ejakulasi dini terjadi jika genjotan penetrasi kurang dari 8-15 kali genjotan. Dari sini kita memahami berbagai pendapat seksologi menjelaskan waktu ini berbeda-beda, banyak variasi waktu, mulai kurang dari 2 menit, 3 menit, 4 menit, 5 menit, 7 menit, 12 menit, bahkan 20 menit.

Dari berbagai studi tentang ejakulasi dini, kami memberikan definisi tersendiri secara klinis bahwa ejakulasi dini adalah suatu keadaan dimana seorang pria mencapai ejakulasi dalam waktu yang tidak dikehendaki dengan durasi waktu dihitung mulai saat penetrasi intravagina hingga capaian ejakulasi, mendahului capaian orgasme pasangannya, menimbulkan ketidak-puasan salah satu pihak (pria atau wanita) maupun keduanya, yang mana frekuensinya terjadi lebih dari 50% dari total hubungan seksual, minimal terjadi dalam 3 bulan terakhir, serta menimbulkan distres dan disharmonisasi rumah tangga. Menurut durasi, dibagi menjadi 5 kategori, yaitu: derajat Sangat Berat: apabila ejakulasi terjadi saat foreplay atau saat hendak penetrasi, derajat Berat: durasi antara awal penetrasi dan capaian ejakulasi kurang dari 1 menit atau durasi antara awal penetrasi dan capaian ejakulasi kurang dari 20 genjotan penetrasi dengan kecepatan genjot 1-3 detik per genjotan; derajat Sedang; durasi antara awal penetrasi dan capaian ejakulasi berkisar 1-7 menit; derajat Ringan; durasi antara awal penetrasi dan capaian ejakulasi berkisar 7-10 menit; serta ejakulasi dini relatif: durasi antara awal penetrasi dan capaian ejakulasi berkisar 10-20 menit yang mana dikeluhkan pasangan wanitanya.

Pembagian kategori tersebut gunanya untuk menentukan jenis terapi dan jangka waktu pengobatan. Terapi ejakulasi dini yang akan diberikan dapat berupa edukasi seksual, terapi psikoseksual, terapi perilaku seksual, dan mungkin pula dibutuhkan obat-obatan. Dengan bergaya hidup sehat, berolahraga rutin, tidak merokok, tidak konsumsi alkohol, tidak narkoba, menghindari stres, istirahat cukup, berpikir positif, dan tidak dalam keadaan sakit, ini semua merupakan syarat awal untuk mendapatkan hubungan seksual yang memuaskan.Khusus kasus yang pak Johnny keluhkan sepertinya Anda menderita ejakulasi dini derajat sedang, namun harus dilihat penyebabnya apakah psikogenik atau organik. Untuk itu, kami anjurkan bapak segera konsultasi untuk mendapatkan diagnosis yang tepat dan pengobatan yang sesuai. On Clinic Indonesia solusi tepat untuk mengatasi problematika seksual Anda.

Terima kasih.

Salam hangat.

Anda mengalami hal ini ? Silahkan hubungi kami di:

Telp: 1500-001 (pulsa lokal)  | SMS : 085 5105 0005 |

WA : 0813-1492.2776 | Email : info@onclinic.co.id

Pelayanan bisa diberikan dalam bentuk konsultasi via telpon dengan team medis bila ada pasien

yang malu, sibuk atau tidak punya waktu datang ke klinik.

ATAU KLIK DISINI UNTUK KONSULTASI GRATIS


WhatsApp chat