KEBIASAAN SEHAT PENDONGKRAK GAIRAH SEKS

Share via

Gairah bercinta Anda mulai menurun? Lakukan tiga kebiasaan sehat ini agar bisa kembali ‘siap tempur’.

Gairah seks bisa berulah seperti gelombang air laut—kadang pasang, kadang surut. Bedanya, pasang surut gairah seks bisa tidak beraturan seperti air laut. Untuk itu Anda pun seharusnya punya jurus agar gairah itu tetap stabil, atau ketika surut, dia akan meningkat. Kuncinya, menurut para pakar kebugaran seks, adalah pada kebiasaan sehat Anda. Nah, Anda bisa mempraktikkan tiga kebiasaan sehat yang dapat meningkatkan gairah seks berikut ini. 

  1. Olahraga yang rutin

Jika Anda ingin menjadi wanita “hot”, maka tingkatkan sirkulasi darah Anda. Kebugaran fisik dapat memperlancar aliran darah—termasuk ke daerah genital—yang secara teori dapat membuat libido naik. Olahraga bakal meningkatkan produksi endorfin, yang akan menaikkan mood dan menambah kita lebih berenergi. Hal ini juga akan membuat seseorang merasa lebih seksi.

Lalu, olahraga apa yang bisa mendongkrak gairah bercinta? Ini dia sontekannya:

–          Lari.

Endorfin yang dikeluarkan ketika berolahraga lari juga akan menurunkan tingkat kecemasan dan meningkatkan gairah seks. Kita tahu, stres adalah pembunuh utama libido.

–          Pilates.

Studi menemukan bahwa orang dewasa yang ikut kelas Pilates selama 12 minggu memiliki fleksibilitas dan stamina yang lebih baik. Tak hanya itu, Pilates juga dapat menguatkan otot-otot perut yang banyak berpengaruh pada performa bercinta Anda. Kelebihan lain, dengan tubuh yang lebih fleksibel, Anda bisa mencoba berbagai posisi seks baru. Seru dan menyenangkan, kan?

–          Dansa.

Jenis aktivitas fisik ini pada dasarnya membentuk fleksibilitas dan kegesitan tubuh Anda. Dan sudah pasti ini bagus untuk melatih gerakan Anda di ranjang dan memperkuat otot bawah panggul. Anda bisa mencoba tango, hip-hop, atau salsa.

–          Thai Boxing.

Olahraga kardio ini sangat baik untuk meningkatkan detak jantung dan meluruhkan lemak, serta menguatkan otot-otot tubuh bagian atas. Thai boxing juga bisa menghilangkan stres yang sangat berpengaruh terhadap merosotnya libido dan menurunkan kadar testosteron.

          Latihan panggul.

Latihan ini membantu Anda untuk terlihat seksi. Inilah langkahnya: Sambil duduk relaks, kencangkan otot-otot dasar panggul Anda seperti ketika menahan buang air kecilm dan tahan selama 10 detik, lalu kembali relaks selama 10 detik. Ulangi langkah ini setidaknya 10 kali sehari. Latihan ini akan meningkatkan sirkulasi darah ke alat kelamin dan dapat membangkitkan gairah Anda dengan cepat.

          Squats.

Selain membantu mengecilkan paha dan mengencangkan bokong, gerakan ini ternyata juga membantu meningkatkan energi dan libido saat bercinta karena memperlancar aliran darah ke daerah genital.

2.      Konsumsi makanan sehat

Arteri yang tersumbat lemak tidak bisa mengalirkan banyak darah ke area genital untuk membuat libido naik. Inilah yang menjelaskan keterkaitan antara penyakit jantung dan disfungsi ereksi. Di samping itu, kegemukan juga bisa mengacaukan produksi hormon Anda. Michael Krychman, MD, Direktur Eksekutif dari the Southern California Center for Sexual Health and Survivorship Medicine, Newport Beach, California, mengatakan, obesitas dapat mengubah keseimbangan produksi estrogen dan testosteron. Dan rendahnya kadar testosteron dapat menurunkan gairah seks Anda. Mau fakta lain? Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kelelahan, yang hal tersebut mengarah kepada libido yang rendah.

Beberapa studi menemukan berbagai makanan dan nutrisi tertentu berperan penting dalam mendongkrak libido dan mendukung kehidupan seksual yang sehat. Inilah di antaranya:

–          Stroberi.

Mengandung banyak antioksidan yang bermanfaat bagi jantung dan pembuluh darah karena memperbaiki sirkulasi darah. Buah ini juga kaya akan vitamin C, yang bersama antioksidan berperan pada peningkatkan jumlah sperma laki-laki. Kombinasikan stroberi dengan cokelat hitam (dark chocolate) yang mengandung methylxanthines untuk memacu libido Anda berdua.

–          Alpukat.

Buah super ini kaya dengan vitamin E yang memiliki fungsi antioksidan, potasium, dan vitamin B6 yang mungkin dapat mencegah penyakit jantung dan memperbaiki sirkulasi darah. Buah ini juga menjadi sumber bagus lemak tak jenuh tunggal yang bagus untuk kesehatan jantung. Asal Anda tahu, lelaki dengan penyakit jantung berisiko dua kali lebih besar menderita disfungsi ereksi.

–          Almond.

Kandungan zinc, selenium, dan vitamin E di dalamnya sangat penting untuk kesehatan seksual dan reproduksi. Selenium penting untuk masalah fertilitas, dan dengan vitamin E dapat meningkatkan kesehatan jantung. Zinc membantu produksi hormon seks pada pria dan dapat mendongkrak libido.

–          Ubi.

Umbi-umbian ini kaya akan potassium yang membantu melawan hipertensi—yang bisa mempertinggi risiko disfungsi ereksi. Ubi juga mengandung betakaroten, menyuplai tubuh dengan vitamin A yang diyakini bisa membantu mengembalikan infertilitas.

–          Semangka.

Buah yang begitu ‘kondang’ di musim kemarau karena kesegarannya ini berkalori rendah tapi mengandung banyak fitonutrisi yang berpotensi tinggi pada kenaikan libido seperti likopen, citrulline, dan betakaroten. Zat-zat nutrisi tersebut membantu merelakskan pembuluh darah dan membantu peningkatan gairah seksual.

3.      Kelola stres

Orang yang bekerja berlebihan dan mengalami stres, sesungguhnya mereka sedang berjalan menuju pintu kehidupan seks yang tidak menyenangkan. Demikian kata Irwin Goldstein, MD, Direktur San Diego Sexual Medicine dan editor in chief The Journal of Sexual Medicine. Irwin menyarankan untuk mengelola stres dengan berlibur, refreshing, atau meningkatkan komunikasi aktif dengan pasangan.

Mau inspirasi lain untuk menghilangkan stres dengan cepat? Sontek saja beberapa hal di bawah ini:

–          Mengunyah permen karet

Menurut penelitian di Australia dan Inggris, mengunyah permen karet selama 10 menit saat kita stres akan mampu mengurangi rasa cemas dan menurunkan kadar hormon kortisol penyebab stres hingga 18 persen.

–          Minum teh hitam

Minum empat cangkir teh hitam dalam sehari selama enam minggu diyakini dapat mengatasi stres lebih cepat dan mengurangi kadar hormon kortisol. Itulah hasil penelitian dari University College London. Selain itu senyawa kimia dan antioksidan yang dikandung dalam teh hitam membantu kita merasa relaks.

–          Pijat

Studi yang dikutip oleh International Journal of Neuroscience menyebutkan bahwa pijat sendiri selama 15 menit dan dilakukan selama dua kali seminggu dapat menurunkan stres dan menenangkan sistem saraf. Mau cara yang lebih mudah? Gerakkan sebuah bola tenis di sekitar jari-jari tangan, efeknya sama dengan pijat.

–          Menulis

Anxiety, Stress, & Coping menerbitkan sebuah penelitian pada tahun 2010 tentang manfaat menulis terhadap stres. Hasilnya, menulis tentang hal yang membuat depresi selama 20 menit selama dua hari mampu menurunkan kadar stres. Menuliskan perasaan di atas selembar kertas juga membantu kita melewati perasaan buruk dan mengatasi emosi negatif dalam diri.

–          Mendengarkan musik

Hanya dengan mendengarkan musik yang kita suka selama 30 menit, kita akan jadi lebih tenang karena musik dapat meningkatkan emosi positif, menurunkan produksi hormon stres, dan menaikkan hormon cinta dan bahagia. Jika Anda mendengarkan musik sambil berjoget, maka emosi positif akan semakin bertambah dan hormon bahagia, endorfin, akan diproduksi lebih banyak.

–          Minimalisir teknologi

Penelitian di Universkty of California menemukan bahwa membuka dan membaca e-mail setiap saat bisa memicu stres. Maka ketika Anda merasa stres, jedalah sejenak dari segala macam gadget dan internet minimal selama 45 menit.

–          Bersih-bersih rumah

Kebiasaan membersihkan rumah mampu menurunkan ketegangan dalam pikiran. Orang seringkali mudah tenang dan teralihkan ketika melakukan kebiasaan yang diulang-ulang seperti menyapu, mengepel, dan lainnya. Kegiatan semacam ini juga ampuh untuk membuat tubuh tenang.

 

 

Danka Sadewa


Share via
WhatsApp chat